Minggu, 25 Oktober 2020

WORLD MENTAL HEALTH DAY

 


Hallo Sobat Blog..

Kali ini admin mau share tentang Kesehatan Mental karena pada tanggal 10 Oktober kemarin adalah World Mental Health Day (Hari Kesehatan Mental Sedunia). Dan untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat Indonesia bahwa kesehatan mental itu penting, seperti yang kita tahu di Indonesia orang yang terkena gangguan mental itu disebut gila. Apalagi dikondisi pandemi sekarang, banyak pekerja yang dirumahkan bahkan di PHK ditengah ekonomi yang semrawut ini membuat tak sedikit pula stres menghampiri orang-orang dengan tekanan yang mereka terima. Ketika ada orang terdekat yang terkena gangguan mental sebisa mungkin untuk menolongnya atau mencarikan pertolongan karena itu bukanlah hal sepele yang harus diabaikan. Jadi admin mau membahas sedikit mengenai seberapa pentingkah kesadaran terhadap kesehatan mental?

Pengertian mental itu sendiri adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran, batin, dan watak manusia yang bukan bersifat badan atau tenaga atau dengan kata lain tidak berwujud fisik. Menjaga kesehatan mental itu penting karena ketika kita sehat secara mental, maka kita akan :

1.  Menerima diri apa adanya

2. Mampu beradaptasi, berkembang, dan mengekspresikan diri

3. Mampu mengendalikan diri

4. Mandiri dan bertanggung jawab pada diri sendiri

5. Mau mempelajari hal baru

6. Memiliki empati

7. Mampu menghargai orang lain

8. Adaptif terhadap lingkungan.

 

Banyak yang mengatakan bahwa untuk dapat  menjaga kesehatan mental, kita perlu sadar dan paham dengan keadaan diri sendiri terlebih dahulu. Sebelumnya, mari kita bahas apa sih Self Awareness itu? Self Awareness (Kesadaran diri) adalah kemampuan untuk melihat diri sendiri secara jelas dan objektif melalui introspeksi. Dapat dikatakan juga Self Awareness adalah sikap berupaya untuk memahami dan memperhatikan pikiran, perilaku, perasaan diri sendiri, serta dampaknya terhadap orang lain.

Nah gimana caranya supaya kita bisa lebih aware/sadar terhadap diri sendiri?

1. Meditasi

Saat melakukan meditasi kita akan memusatkan pikiran terhadap sesuatu yang terjadi, sehingga tubuh akan lebih menyadari diri sendiri dan apa yang telah terjadi dalam hidup. Sobat blog mungkin dapat meluangkan waktu untuk menyendiri menghindari keramaian, entah itu dengan melakukan kegiatan yang disukai akan membuat sobat blog lebih fokus terhadap tujuan yang akan dilakukan.

2. Berlatih Mindfulness

Pada dasarnya, mindfulness mirip dengan self awareness, dimana keduanya sama-sama mengarahkan pikiran secara sadar ke arah dalam untuk menjadi lebih sadar akan keadaan diri, pikiran, keyakinan, dan emosi.

3. Menjadi Pendengar Yang Baik

Dengan bersikap terbuka, kita dapat belajar untuk mendengarkan secara objektif apa yang ingin disampaikan orang lain dan pada akhirnya dapat membantu kita belajar  mendengarkan secara objektif pula apa yang ingin disampaikan diri sendiri.

4. Mengevalusi Diri Sendiri

Evaluasi dilakukan dengan mengetahui kekurangan dan menggalinya lebih dalam untuk diperbaiki. Introspeksi, sobat blog harus selalu mengevaluasi diri sendiri dengan berintrospeksi apa hal-hal yang sudah dilakukan sobat blog apakah sudah benar atau tidak, jika merasa tidak benar maka sobat blog harus memperbaiki itu dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5.  Menulis Jurnal Pribadi

Dengan menulis jurnal pribadi, kita dapat mengeksplorasi diri berdasarkan apa yang kita rasakan atau pikirkan ke dalam tulisan. Hal tersebut dapat membantu kita mengungkapkan apa yang menjadi “masalah” atau kelebihan dalam diri.

6. Mendengarkan Pendapat Orang Lain

Terkadang, kita menilai diri sendiri dengan tidak objektif. Oleh karena itu diperlukan penilaian orang lain seperti teman atau kerabat dekat. Agar sobat blog tidak menilai dari perspektif diri sendiri saja.

 

 

 

Sumber  : Lingkar Psikologi (Psycirle.id)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar