Jumat, 05 April 2019

BEM FE UGJ goes to BEM FEB UNSOED

BEM FE UGJ - Pada hari Sabtu (30/03/2019) melaksanakan kegiatan Study Banding goes to BEM FEB UNSOED.  
 







       Kegiatan ini diikuti oleh anggota BEM FE UGJ dan BEM FEB UNSOED. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Eksternal BEM FE UGJ. Kegiatan Studi Banding ini bukanlah acara jalan-jalan semata, tetapi BEM FE UGJ ini mempunyai tujuannya sendiri. Sebelum membahas tujuan dari acara ini, yang dimaksud Studi Banding itu sendiri apa ya ???


Study banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.


            Kegiatan Study Banding dilakukan oleh kelompok kepentingan untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri. Hasilnya berupa pengumpulan data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang diinginkan. Jadi tujuan study banding itu adalah:
(1) untuk menambah wawasan kita tentang tempat lain
(2) untuk menimba pengalaman baru di ditempat lain
(3) untuk membandingkan tempat kita dengan tempat lain
(4) untuk menambah cakrawala berfikir kita

Oleh karena itu, BEM FE UGJ mempunyai tujuan "Membangun Relasi Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi". Di dalam kegiatan tersebut, BEM FE UGJ dan BEM FEB UNSOED berdiskusi untuk memperkenalkan organisasinya masing-masing, saling bertukar informasi dan mengembangkan pola pikir.







Membangun relasi yang baik dengan orang-orang adalah hal yang paling utama untuk mencapai suatu tujuan. Relasi tidak hanya didapatkan dari komunitas saja, tetapi dari lingkungan sekitar pun bisa didapatkan.

Membangun relasi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja organisasi. karena setiap organisasi itu ada kalanya akan mengalami kemajuan dan kemunduran. Bagi setiap organisasi, penilaian terhadap kinerja merupakan suatu hal yang sangat penting karena penilaian tersebut dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan suatu organisasi dalam kurun waktu tertentu. Penilaian tersebut dapat dijadikan input bagi perbaikan atau peningkatan kinerja organisasi yang bersangkutan.
 
Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Study Banding ini, yaitu menambah wawasan, dapat mengetahui sesuatu yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, membangun relasi termasuk juga meningkatkan kinerja organisasi.



sumber : rembangonline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar