Senin, 07 September 2020

WEBINAR 2020 "Sukses Menjadi Entrepreneur Muda Bagi Generasi Millenial"

 

BEM FE UGJ – Kegiatan proker terus diupayakan oleh BEM FE, kali ini proker tersebut diselenggarakan oleh Departemen Eksternal. Sabtu (05/09) telah diadakan Webinar “Sukses Menjadi Entrepreneur Muda Bagi Generasi Millenial” bersama pemateri  Art Director, Content Creator, Sociopreneur, Project Coordinator, Galih Mandala Putra dan Co-founder BARBERSIX Oka Wisnu Mahendra yang terselenggara melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar tersebut membahas mengenai bagaimana menjadi seorang Entrepreneur muda yang mampu bersaing di era generasi millenial ini.



 

Admin mau ngasih tau sedikit nih sobat blog, apa aja sih yang disampaikan pemateri dari kegiatan Webinar tersebut? Pasti pada penasaran kan? Makanya baca sampai habis yaaa...

Materi pertama yaitu disampaikan oleh Kak Galih Mandala Putra, dalam bahan presentasinya membahas mengenai “Sukses Membangun Bisnis Jaman Now”. Apa saja?

1.  Plan

2. Start

3. Steps

Dengan menggunakan media sosial kita dapat membangun sebuah bisnis dengan mempromosikannya melalui Instagram, Youtube, Twitter, Facebook, bahkan Tiktok.

Dan juga di era millenial ini digital marketing sangatlah optimal untuk mendorong roda perekonomian. Seperti ; SEO, Social Media, Content, Pay Per Click, SEM, ROI, Mobile & Tablet, Video. Kak Galih menjelaskan mengenai SEO, SEO adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Internet Explorer, Mozilla dan Yahoo. Artinya ketika kita mencari sesuatu melalui mesin pencarian tersebut dan ada satu website/blog yang posisinya ada dipertama maka dipastikan bahwa website tersebut terbaik dari yang lainnya.

Dalam memulai bisnis pun kita harus memiliki mindset, pertama Bisnis dimulai dari keberanian dibesarkan oleh ilmu, kedua memulai bisnis disaat luang, senggang dan aman bukan disaat sempit dan butuh.

Lalu ada Syndrome pengusaha jaman now, apa sajakah itu?

1. Tidak punya tujuan yang jelas

2. Tidak punya Willingness yang kuat

3. Tidak tau mau mulai dari mana

4. Mental gratisan

5. Keterbatasan

6. Buru-buru mau dapat hasil.

 Ada Tips juga nih dari kak Galih mengenai bagaimana membangun bisnis, cekidotttt..

1. Tentukan tema atau kategori bisnis/project yang akan dibuat bersama timmu.

2. Hadirkan program yang menarik dan bermanfaat, dengan membuat rencana program business activity.

3. Mencari inspirasi dan referensi untuk membuat program dari bussines/kelompok/lembaga lain.

Admin juga mengutip perkataan Kak Galih yaitu “Follow yor Passion” ketika kamu akan memulai bisnis.

 

Materi yang kedua disampaikan oleh kak Oka Wisnu Mahendra sebagai Co-founder BARBERSIX yang diberi judul “Sukses di Usia Muda?”

Dimulai dari ceritanya membangun usaha yaitu berawal dari keresahan terhadap berkurangnya peluang pekerjaan di masa mendatang muncul ide untuk  memulai bisnis.   Lalu misi dan juga visi mereka : Make a difference yaitu matangkan konsep untuk memulai bisnis. Berikan diferensiasi bisnis anda dengan kompetitor.

Kak Oka juga menjelaskan bagaimana menjadi Entrepreneur yang baik? Yups jawabannya yaitu ada Modal Formil dan Modal Materil. Kita bahas satu-satu yuk sobat blog..

1. Modal Formil atau Optimalisasi Diri

“Mulailah dari hal kecil dulu lalu ke hal yang lebih besar” begitulah kata kak Oka.

    Modal formil itu sendiri dibagi menjadi:

a.       Kemampuan (Skill)

-          Membaca peluang

-          Inovatif

-          Mengelola

-          Menjual

b.      Keberanian (EQ)

-          Mengatasi ketakutan

-          Mengendalikan resiko

-          Zona nyaman

c.   Spiritual Quality (SQ)

-          Persistance (Ulet)

-          Determinance

        2. Modal Materil

a.       Tabungan

b.      Investor

c.       Pinjaman bank

Lalu kak Oka menambahkan adanya problematika berbisnis, yaitu:

1. Bosan

2. Pengembangan SDM

3. Kompetitor

4. Mudah puas.

 

Nah, mungkin itu saja yang sedikit admin sampaikan mengenai materi Webinar “Sukses Menjadi Entrepreneur Muda Bagi Generasi Millenial”. Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut.

Terima kasih sobat blog...



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar